PENYULUHAN KEWIRAUSAHAAN KEPADA PEDAGANG PASAR KAMPUNG AMBON

     Penyuluhan dengan judul “ pengembangan usaha menuju kemajuan dan keberhasilan usaha lebih besar” diadakan Rabu 23 April 2014 di Gedung PD Pasar Jaya Kampung Ambon, Jakrata Timur.  Pembicara adalah Drs. Yusuf Suhardi, M.Si, Dr Hj. Wiwi Idawati, SE,M.SI, Ak, CA, Drs. Sudarmadji, M.Sc, Iskandar Z. Alwi, SE, MM dan Krisnando, SE.
     Penyuluhan yang di ikuti 50 pedagang PD pasar jaya kampung ambon, Jakarta timur bertujuan agar para pengusaha meningkatkan usahanya lebih besar.  Drs Yusuf Suhardi, M.si menjelaskan bahwa syarat pengusaha sukses adalah mengurangi rasa malu, bisa  menjual, bisa cari modal dan tepat pada janji.
     Iskandar. Z Alwi, SE, MM  mengakatakan syarat yang perlu di perhatikan untuk menjadi seorang usahawan , yaitu  harus mau merubah pola atau cara berpikir, ide atau gagasan  usaha  harus  mulai dari hobi, kesenangan bahkan kepintaran untuk menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat. Usaha yang mau kita buka juga harus sesuai dan cocok dengan panggilan jiwa kita bahkan harus di ibaratkan orang buka usaha seperti orang sedang jatuh cinta pertama terus.
     Drs. Sudarmadji, M.Sc yaitu wirausaha memainkan peran yang penting dalam mempertahankan dan membangun ekonomi. Serta diperlukan keberanian bagi siapapun yang ingin menjadi wirausahawan yang berhasil. Karena nya tidak mudah menjadi wirausaha. Selain keberanian juga perlu di dukung oleh berbagai hal yang ada kaitanya dengan tanggung jawab dan keahlian yang memadai. Karena ide tanpa tanggung jawab adalah suatu kegilaan dan kalau ide dapat dipertanggung jawabkan adalah kreatifitas. Maka wirausaha itu pun harus mempunyai tugas yang diantaranya memiliki organisasi, membentuk organisasi baru, membawa sesuatu yang baru kedalam pasar, menerapkan keahlian, memiliki  kepemimpinan dan jiwa wirausaha.
     Dr Hj. Wiwi Idawati menjelaskan tentang dasar system akutansi dalam bisnis yaitu Buku Besar , Buku Pembantu, Jurnal Khusus, dan Jurnal Pendapatan. Dalam penjelasan tersebut di sampaikan secara sederhana karena peserta yang hadir adalah para pedagang kecil dan menengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar