DAY SEMINAR MARKETING 3.0 : MARKETING IN THE NEW ERA OF INDONESIA

     One day seminar Marketing 3.0 diadakan Jum’at, 25 April 2014, bertempat di Aula Lt. V Kampus A STEI Jl. Kayu Jati Raya No. 11 A Rawamangun, Jakarta. Dengan pembicara Iwan Setiawan dan Moderator Doddi Prastuti, SE, MBA.
     Seminar Marketing dihadiri 200 peserta .Terdiri dari dosen, mahasiswa dan pimpinan STEI. Iwan Setiawan mengatakan selama bertahun tahun, marketing telah berevolusi melalui tiga tahap yang di sebut sebagai marketing 1.0, 2.0, dan 3.0.  Banyak pemasar masih menerapkan marketing 1.0 maupun 2.0, dan beberapa dari mereka telah menerapkan marketing 3.0. Peluang terbesar diperoleh oleh pemasar marketing 3.0.
     Selama era industri ketika inti dari teknologi adalah mesin-mesin industri, marketing adalah tentang menjual output. Produk perusahaan kepada siapapun yang ingin membelinya, dan produk yang dihasilkan adalah produk standar dan di desain untuk memenuhi permintaan massal.  Tujuanya untuk menstandarisasi dan memenuhi skala produksi hingga biaya produksinya terendah, sehingga produk dapat di jual  murah dan terjangkau oleh banyak pembeli.
     Marketing 3.0 hadir, tidak lagi sederhana karena konsumen sangat mudah mendapat informasi tawaran dari produk serupa. Karena nilai dari suatu produk ditentukan oleh konsumen. Marketing 3.0 memandang manusia seutuhnya, lengkap dengan pikiran, hati dan spirit.
Ketua Pelaksana Seminar Drs. Budiono, M.Sc menyatakan bahwa marketing adalah kunci suatu bisnis, sebagai contoh Warren Buffet menyatakan bahwa Bill Gates berhasil karena dia adalah penjual Terbaik di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar